Find us on Google+

Saturday 20 July 2013

Trik Eksport dan Import Power Plan di Windows 7

Power Plan adalah rancangan energi yang mengatur bagaimana sebuah komputer menggunakan suplai energi terutama dalam mengatur bagaimana display bekerja, berapa lama harus menyala dan juga rancangan berapa lama CPU harus diam  tanpa aktifitas. Dengan mengatur Power Plan yang benar, Anda dapat menghemat baterai dan juga memperpanjang usia hardware.

Cara mudah Export dan Import di Windows 7

Tips kali ini akan membahas bagaimana melakukan eksport dan import Power Plan sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan pengaturan Power Plan di komputer lain atau mengembalikan pengaturan di komputer yang sama setelah proses instal ulang atau reset.
Langsung saja, pertama yang harus Anda lakukan adalah Mengeksport Power Plan
  • Sebelum melakukan Eskport, Anda harus tahu Nama dan nomor GUID masing-masing Power Plan, caranya buka Elevated Command Prompt Anda caranya klik kanan pada shortcut Command Prompt dan klik Run as Administrator, setelah berjalan ketikkan powercfg list lalu tekan Enter. Seperti gambar ini:
Kloning Pwer Plan dari Komputer laing di Windows 7

  • Sekarang baru Anda bisa meng-Eksport Power Plan yang Anda inginkan, caranya ketikkan powercfg -export “%UserProfile%\Desktop\Power Plan Name.pow” GUID, lihat gambar untuk petunjuk yang lebih jelas. Saya akan jabarkan lebih lanjut, ini saya buatkan 2 contoh:
Untuk Power Plan Bernama Balanced
powercfg -export “%UserProfile%\Desktop\Balanced.pow” 381b4222-f694-41f0-9685-ff5bb260df2e
Untuk Power Plan Bernama High Performance
powercfg -export “%UserProfile%\Desktop\High Performance.pow” 8c5e7fda-e8bf-4a96-9a85-a6e23a8c635c
  • File hasil eskport akan disimpan di Deskop dengan format .pow, simpan file tersebut di folder lain agar lebih aman.
Backup dan Restore Power Plan di Windows 7

  • Setelah proses Eksport selesai, sekarang saatnya untuk melakukan Import. Perlu Anda catat bahwa tidak semua Power Plan harus dieksport, silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Untuk melakukan import ketikkan perintah berikut: powercfg -import(Full Path of .pow file)” Sebagai contoh, Anda ingin mengimport Power Plan bernama Balanced dengan asumsi file hasil eksport masih berada di Desktop maka kode perintahnya adalah powercfg -import “%UserProfile%\Desktop\Balanced.pow”
Export dan Import Power Plan ke Komputer Lain

  • Atau bisa dengan kode perintah ini: powercfg -import “C:\Users\User-Name\Desktop\Custom Plan.pow”
Cara Import dan Export Power Battery di Windows 7


Gampang kan, saya yakin pembaca FnC sudah biasa menggunakan Command Prompt. Tapi bagi yang masih bingung, baca sekali lagi dan coba langsung praktek.. Ok

Ditulis Oleh Haryanto AgS : Unknown ~ Aneka Info, Software, Blogging, Kesehatan, Games, Driver Laptop, Mp3, Movie

RegiBrader Anda sedang membaca artikel tentang Trik Eksport dan Import Power Plan di Windows 7. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Saling menghargai kreatifitas Sesama Blogger. Ok

:: Get this widget ! ::



No comments:

Post a Comment