Find us on Google+

Monday, 1 July 2013

Obat Jerawat di Badan

anda salah satu penderita jerawat di bagian punggung dan di sekitar dada? Hal ini tentu saja merusak penampilan sehari-hari terutama wanita yang menyenangi pakaian yang terbuka. Jerawat di badan tentu saja membuat kesal dan kehilangan rasa percaya diri. Jika untuk pria mungkin hal ini dianggap biasa namun rasa gatal dan sakitnya bisa membuat aktivitas terganggu.


Penyebab jerawat di punggung dan dada sama seperti jerawat di wajah. Faktor hormon, minyak berlebih, stres atau tidak merawat tubuh dengan baik serta mengonsumsi makanan berminyak yang berlebihan merupakan penyebab timbulnya jerawat. Jerawat disebabkan karena kondisi pori pori yang tersumbat, sehingga menyebabkan peradangan. Peradangan ini sering menyebabkan timbulnya kantong nanah pada bagian kulit terutama pada bagian wajah.

Untuk itu, pengobatan untuk jerawat badan tidaklah sama dengan perawatan jerawat di wajah. Anda bisa bernafas lega karena untuk mengobati jerawat badan ini tidaklah mahal. Bahannya sederhana dan pengobatanya terbilang mudah dilakukan.

Berikut beberapa alternatif untuk mengobati jerawat badan.

1. Biasakan Mandi Bersih
Mandi dua kali sehari dengan cara yang benar. Sabunkan badan termasuk di ketiak, lipatan kaki, lengan sampai bagian belakang. Pilih sabun yang mengandung glycolic acid atau yang khusus untuk kulit berjerawat. Hindari sabun atau lotion yang tinggi kadar parfumnya. Selain itu, apabila jerawatnya sudah dikatakan darurat alternatif lainnya adalah mandi dengan menggunakan sabun bayi.

2. Pakailah baju yang berbahan menyerap keringat
Saat beraktivitas di siang hari pakailah baju yang mudah menyerap keringat. Pilihlah pakaian berpotongan longgar dengan bahan yang tidak membuat panas seperti katun dan linen. Keringat juga salah satu penyebab jerawat dan mengembangkan bakteri sehingga menimbulkan jerawat.

3. Aspirin
Mungkin alternatif yang satu ini sedikit aneh namun khasiatnya bukan isapan jempol belaka. Obat pereda sakit dan penurun demam itu ternyata berguna untuk mencegah penyumbatan pori-pori, juga mengandung anti inflamasi. Caranya dengan menghaluskan lima hingga 10 butir aspirin, tuangkan obat yang dihaluskan dengan sedikit air. Aduk hingga menjadi pasta, lalu terapkan pada bagian yang berjerawat. Diamkan 10 hingga 15 menit. Setelahnya bilas dengan air hangat.

4. Gunakan Benzoil Peroksida
Jika belum mempan, solusi yang ampuh untuk jerawat adaah memakai benzoil perokisida Dengan kandungan kimianya, sebanyak 70 persen penderita jerawat dapat membaik dalam waktu 6 minggu. Obat ini bisa berupa krim atau gel yang dapat dioleskan di bagian yang berjerawat.

5. Asam Salisilat (Salicylic Acid)
Gunakan asam salisilat saat mandi dengan menuangkannya ke dalam air mandi sebelum anda akan mandi. Asam salisilat ini tidak merusak kulit karena yang memiliki kandungan minimal 1,25 persen. Asam ringan ini dapat mengurangi minyak berlebih yang menjadi pemicu jerawat.

6. Scrub
Scrub atau pengelupasan diperlukan untuk menyingkirkan sel kulit mati yang menutupi jerawat, sehingga jerawat lebih mudah diobati. Gunakan scrub dengan butiran yang lembut, pastikan tidak membuat kulit iritasi. Jangan lupa gunakan lotion setiap habis pengelupasan. Lakukan satu kali seminggu.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Ditulis Oleh Haryanto AgS : Paya itik ~ Aneka Info, Software, Blogging, Kesehatan, Games, Driver Laptop, Mp3, Movie

RegiBrader Anda sedang membaca artikel tentang Obat Jerawat di Badan. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Saling menghargai kreatifitas Sesama Blogger. Ok

:: Get this widget ! ::



1 comment: