Find us on Google+

Monday 1 July 2013

Air Kencing (Urine) & Kondisi Tubuh

kencing atau urin bisa menjadi indikator yang menunjukkan keadaan atau kondisi tubuh kita. Bahkan melalui warna air kencing, bisa dijadikan diagnosa untuk mengetahui penyakit yang sedang diderita. Juga dengan mengetahui warna urine, diharapkan kita segera menyadari apa yang sedang terjadi dan segera untuk mengatasinya.
Untuk mengetahui diagnosis penyakit, sebaiknya melewati pemeriksaan intensif. Tapi gejala awal suatu penyakit juga dapat dideteksi petugas medis menggunakan urine sebagai patokan karena cairan ini merupakan limbah sisa metabolisme tubuh.



Berikut beberapa indikasi warna air kencing yang menunjukkan kondisi kesehatan seseorang:

a.Air kencing berwarna Coklat
Kebanyakan air seni berwarna coklat akibat makan banyak makanan seperti kacang, lidah buaya, buah-buahan dan hasil rhubarb dapat menyebabkan urin berwarna coklat. Hal ini juga bisa karena disebabkan karena obat-obatan tertentu seperti antimalaria atau antibiotik. Dalam kasus yang lebih berat, ini juga bisa menunjukkan beberapa penyakit atau cedera pada ginjal atau infeksi pada ginjal.

b.Air kencing berwarna Keabuan
Urine yang berwarna keruh keabuan bisa jadi adanya infeksi, salah satu yang paling sering adalah infeksi saluran kemih. Jika itu juga disertai dengan timbulnya bau lebih buruk, maka itu bisa dipastikan adanya infeksi saluran kemih. Batu ginjal juga dapat menyebabkan nanah dalam urine, sehingga warnanya keruh. Gonore, keputihan dan nanah seperti sifilis juga dapat membuat urin berwarna keabuan.

c.Air kencing berwarna Orange
Kebanyakan air seni berwarna orange diakibatkan karena tubuh mengalami dehidrasi berat, karena dapat membuat urine sangat terkonsentrasi sedemikian rupa sehingga dapat menjadi orange. Pemberian obat tertentu juga dapat menjadi penyebabnya. Obat antiinflamasi yang biasa digunakan dalam kemoterapi atau obat pencahar bisa menyebabkan urine berwarna orange.Vitamin B kompleks dan jus wortel juga bisa menyebabkan urin berwarna orange.

d.Air kencing berwarna Ungu
Porfiria adalah suatu kondisi medis langka yang mempengaruhi sistem saraf dan kulit. Gejala ini bisa terjadi karena adanya kelainan genetik atau adanya bahan kimia dalam tubuh yang disebut porfirin. Dan salah satu dari banyak gejala dari kondisi ini adalah urin yang berwarna ungu tua.

e.Air kencing berwarna Kuning Gelap
Urin yang berwarna kuning gelap bisa juga karena dehidrasi.Pada saat tubuh kekurangan cairan,maka limbah mulai terakumulasi dalam urin dan itu menyebabkan perubahan warna dari kuning terang kekuning gelap.Makanan seperti asparagus dan asupan suplemen vitamin B kompleks tinggi dalam tubuh juga bisa menjadi salah satu penyebabkan.Pada kondisi yang lebih lanjut,urin berwarna kuning gelap juga bisa menjadi indikasi dari kondisi lever/hati seperti penyakit kuning atau hepatitis,anemia hemolitik dan hematuria.

f.Air kencing berwarna Merah
Urin merah muda atau merah kedengarannya menakutkan, tetapi pada umumnya kasus ternyata tidak demikian. Urine berwarna merah mungkin normal jika tubuh kita habis mengkonsumsi buah semangka atau arbei, dll. Antibiotik dan obat pencuci perut adalah obat-obat yang dapat menyebabkan urine berwarna merah. Selain itu, kemungkinan ada darah yang ikut bersama urin juga perlu diperhatikan. Penyebabnya bisa karena adanya infeksi saluran kemih, bahkan tumor jinak atau kanker. Urine yang berwarna merah juga bisa menunjukkan ada masalah pada ginjal, seperti pembentukan batu ginjal, atau pembentukan kista.

Air seni bukan hanya sekadar cairan sisa metabolisme yang dikeluarkan dari dalam tubuh, namun juga merupakan salah satu indikator yang dapat menggambarkan kondisi kesehatan tubuh seseorang.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Ditulis Oleh Haryanto AgS : Unknown ~ Aneka Info, Software, Blogging, Kesehatan, Games, Driver Laptop, Mp3, Movie

RegiBrader Anda sedang membaca artikel tentang Air Kencing (Urine) & Kondisi Tubuh. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Saling menghargai kreatifitas Sesama Blogger. Ok

:: Get this widget ! ::



No comments:

Post a Comment