Find us on Google+

Sunday 30 June 2013

Membuat Partisi untuk 2 OS

Jika anda hendak menggunakan dua buah sistem operasi pada satu komputer, maka ruang hardisk akan terbagi menjadi beberapa bagian. Tak jarang juga terjadi semua data yang ada dalam dua sistem operasi tersebut di simpan dalam satu partisi. Hal ini kerap banyak menimbulkan masalah ketika anda ingin mencoba men-tweak operasi sistem yang satu, tetapi yang satu nya lagi mempunyai beberapa nama file yang sama, membingungkan!



Contoh kasus nya disini adalah misalnya kita mempunyai sistem operasi default yaitu Windows 7, Windows 7 mempunyai ruang di hard drive C dan D (misalnya). Nah, pada sistem operasi kedua, katakanlah disini anda ingin menggunakan Ubuntu, kita harus menyiapkan partisi baru agar data yang masuk dari Ubuntu tidak tercampur ke dalam volume windows 7.

Perlu di perhatikan bahwa cara-cara ini juga sebenarnya berlaku untuk windows xp, vista, atau windows 8 sekalipun. Walaupun tidak sama persis, tetapi langkahnya tidak jauh beda. Langkahnya adalah sebagai berikut:
Klik start menu, kemudian pada kotak search ketik “disk management” pada daftar yang muncul klik “Create and Format Harddisk Partitions.
Kemudian program disk management akan dijalankan seperti gambar dibawah ini.

Kemudian pada bagian atas pilih Volume C. yang Agan lakukan di sini merubah ukuran partisi C yang 20 GB menjadi 12 GB. Karena 8 GB akan dipersiapkan untuk Ubuntu.
Untuk melakukan hal tersebut, klik kanan pada (C:) di Disk 0, kemudian pilih “Shrink Volume…”.
Kemudian pada Window Shrink Volume masukan nilai 8000 dibagian “Enter the amount of space to shrink in MB” untuk membuat partisi baru yang berukuran 8 GB.
Setelah selesai klik “Shrink” untuk menjalankan proses Shrink, sehingga hasil akhirnya akan terlihat seperti 
gambar  ini.
Setelah partisi baru tersebut terbentuk, sekarang Agan siap untuk menginstall Ubuntu sebagai OS ke dua di partisi tersebut.

Kini sewaktu agan melakukan Booting pada Ubuntu maka tak perlu lagi susah-susah meletakkan ruang disk, sebab disk yang kosong telah kita buat sebelumnya untuk Ubuntu. Dan lagi, dengan ini Agan akan merasa nyaman, sebab data Installasi Ubuntun nantinya tidak akan bercampur aduk dengan Windows agan.
Selamat mencoba!

Ditulis Oleh Haryanto AgS : Unknown ~ Aneka Info, Software, Blogging, Kesehatan, Games, Driver Laptop, Mp3, Movie

RegiBrader Anda sedang membaca artikel tentang Membuat Partisi untuk 2 OS. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Saling menghargai kreatifitas Sesama Blogger. Ok

:: Get this widget ! ::



No comments:

Post a Comment