Find us on Google+

Friday, 6 September 2013

Programs Wordstar


WordStar
Lima tahun yang lalu (mungkin masih ada sampai sekarang), keterampilan standar bagi pengguna PC adalah penguasaan DOS, Lotus 1-2-3, dan WordStar. Tidak banyak yang tahu bahwa aplikasi word processing ini di Amerika Serikat telah turun pamornya sejak 1985 dan telah dihentikan pengembangannya sejak tahun 1992. Popularitas WS versi 4 gagal dilanjutkan versi-versi selanjutnya, digeser oleh WordPerfect 5 dan MS Word. Versi Windowsnya yang muncul tahun 1991 gagal menyelamatkan aplikasi ini.




Sekilas Kebelakang ttg wordstar
WordStar pertama kali dibuat untuk CP/M pada tahun 1978. Program ini menyajikan banyak fasilitas, kemudahan dalam penggunaan dan menjadi standar umum pengolah kata untuk sistem operasi CP/M. Pada tahun 1981 WordStar versi 2.26 disertakan dalam paket komputer portable Osborne 1. Sebagai catatan, WordStar merupakan program pengolah kata terakhir yang berjalan pada CP/M. Release 4, versi terakhir yang mendukung CP/M, dijual pada media disket 5¼", dan tersedia pula versi media disket 8".

WordStar for DOS versi 3.0 dirilis pada April 1982. Versi DOS sangat mirip dengan versi asli yang berjalan di bawah CP/M, dan meskipun IBM PC menyediakan tombol arah dan tombol fungsi (F1, F2, dll), tombol panah versi WordStar yang dikenal sebagai "WordStar diamond" dan tombol Ctrl lainnya tetap dipertahankan, mengakomodasi transisi bagi pengguna yang biasa menggunakan CP/M. Kemampuan WordStar untuk menggunakan modus "non-document" untuk menciptakan file teks ASCII tanpa kode format membuatnya populer di kalangan programmer untuk menulis kode program.

WordStar versi awal yang berjalan di DOS hanya merupakan hasil port dari versi CP/M, dan karenanya hanya menggunakan RAM 64K meskipun DOS mendukung penggunaan RAM hingga 640K. Pengguna segera mengetahui bahwa mereka dapat menjalankan versi WordStar ini secara cepat dengan memanfaatkan kemampuan DOS untuk menggunakan sebuah "RAM disk" di memori, dan menyalin seluruh file program WordStar ke dalamnya. WordStar masih membutuhkan akses ke "disk" secara rutin, tapi sangat cepat dibanding menjalankannya pada disket. Namun, dokumen yang diedit masih disimpan ke RAM disk, dan harus disalin ke media fisik (misalnya disket) sebelum reboot atau mematikan komputer.

Pada pertengahan 1980an WordStar merupakan program pengolah kata paling populer di dunia. Tapi IBM mendominasi pasar "pengolah kata yang sesungguhnya" dengan produk yang bernama IBM DisplayWrite, yang berjalan pada mesin yang khusus dirancang untuk menulis dan mengedit dokumen. Terdapat banyak mesin khusus pengolah kata saat itu, tapi saingan utama IBM adalah Wang Laboratories. Mesin khusus itu berharga sangat mahal dan umumnya digunakan dengan harus melalui sebuah terminal yang terhubung dengan mainframe atau komputer tingkat menengah.

Ketika IBM mengumumkan akan membuat pengolah kata versi PC dengan nama DisplayWriter ke pasar, MicroPro segera mengalihkan fokusnya dengan membuat program serupa yang dipasarkan dengan nama WordStar 2000. Sayang hasilnya tidak sesukses yang diharapkan oleh para pengembangnya. Perhatian yang kurang diberikan oleh MicroPro terhadap versi asli WordStar saat itu, ditambah lagi dengan kurangnya dukungan WordStar 2000 terhadap format file & penggunaan tombol WordStar, telah membuka kesempatan bagi produk dari kompetitor untuk mengambil alih pasar. WordPerfect, di sisi lain, menggunakan kombinasi tombol yang sama dengan komputer pengolah kata populer buatan Wang, yang membuatnya populer dikalangan sekretaris yang sedang beralih menggunakan PC.

MicroPro International segera merestrukturisasi menjadi WordStar International dan mempekerjakan kembali banyak "veteran" programmer WordStar yang meninggalkan perusahaan ketika pengembangan WordStar 2000, dan pada Oktober 1986 membeli kode yang digunakan oleh NewWord, sebuah aplikasi mirip WordStar dengan kemampuan yang telah ditingkatkan, ditulis oleh Peter Mierau untuk perusahaannya yang bernama NewStar. WordStar menggunakan basis-kode NewWord untuk memproduksi versi selanjutnya, menambahkan fitur yang telah lama dinanti seperti pengembalian teks yang telah terhapus dan pewarnaan format layar untuk fasilitas efek tebal, miring dan efek percetakan lainnya. Versi pertama yang dibuat dengan basis-kode juga disebut WordStar (atau WordStar Professional 4.0) dan dirilis untuk sistem operasi DOS dan CP/M. Versi selanjutnya — 5.0, 5.5, 6.0, dan 7.0 — hanya dirilis untuk DOS.

Persaingan internal antara pengembang "veteran" versi 6.5 (ditujukan untuk pengguna Microsoft Word), dan "generasi muda" yang mengembangkan versi 7.0 (ditujukan untuk pengguna WordPerfect), menyebabkan produk asli dikembangkan secara terpisah dan produk berikutnya dirilis lebih awal beberapa tahun dari tanggal jadwal peluncurannya; versi 7.0 Revision D, dirilis pada Desember 1992, merupakan versi final untuk DOS.

Seperti produsen aplikasi DOS populer lainnya, WordStar International menunda keputusan untuk membuat versi untuk Windows 3.0 yang telah populer. Perusahaan membeli aplikasi lain, sebuah software pengolah kata berbasis Windows yang telah ada sebelumnya, yang kemudian diubah namanya dan dirilis sebagai WordStar for Windows pada 1991. Program tersebut tergolong sangat baik dan menyertakan banyak fasilitas yang hanya dimiliki aplikasi publikasi berharga mahal. Sayangnya, penundaan peluncuran produk menyebabkan Microsoft Word secara pasti telah menjadi standar bisnis dan perusahaan selama penundaan yang kira-kira dua tahun sebelumnya.

WordStar kini tidak lagi dikembangkan, hanya dirawat atau dijual oleh pemiliknya; secara efektif berubah menjadi abandonware. Kini WorStar menjadi milik Riverdeep, Inc., sebuah perusahaan software pendidikan dan retail yang bermarkas di San Francisco, California.

WordStar masih secara aktif digunakan oleh beberapa ratus anggota milis WordStar Users Group. Mereka menyediakan dukungan tenis satu sama lain mulai Mei 1996 hingga hari ini. Juga tersedia beberapa paket download dari macro, script, driver printer & mouse terbaru pada situs WordStar Users Group.
Antarmuka

WordStar masih digolongkan sebagai salah satu contoh terbaik dalam hal desain antar muka sebuah software pada era DOS karena dirancang untuk menampilkan mode karakter dengan tipe font tunggal, fokus utamanya adalah pengetikan teks, tanpa desain format tampilan WYSIWYG langsung pada layar monitor. Karena penerapan layout menjadi fungsi tambahan yang hanya dilakukan setelah dokumen selesai ditulis, diedit dan diperiksa, penulis tidak dipusingkan oleh banyak kemungkinan perubahan layout dan konfigurasi dokumen yang banyak ditemui pada pengolah kata modern.

Setelah terinstalasi, pada modus teks dari WordStar, kira-kira 1/3 bagian atas layar digunakan sebagai tempat menu perintah, dengan baris paling atas sebagai tempat untuk menampilkan posisi kursor dalam file dan 2/3 area sisanya digunakan sebagai tempat pengetikan teks bagi pengguna. Fasilitas bantuan dapat dikonfigurasi untuk menampilkan bantuan secara singkat begitu karakter pertama dari sebuah perintah ditekan. Setelah pengguna menjadi familiar dengan perintah-perintah tersebut, fasilitas bantuan dapat dikonfigurasi untuk semakin jarang muncul hingga akhirnya seluruh menu dan informasi status dapat dimatikan.

Terminal komputer dan mikrokomputer yang digunakan untuk pengembangan WordStar tidak memiliki serangkaian tombol fungsi atau tombol kontrol arah (misalnya, tombol panah, Page Up/Down), jadi WordStar menggunakan serangkaian tombol huruf yang dikombinasikan dengan tombol "Ctrl". Contohnya, tombol yang dikenal dengan istilah "Wordstar diamond" yang terdiri dari Ctrl-S/E/D/X memindahkan kursor satu karakter/baris ke kiri, atas, kanan, atau bawah. Ctrl-A/F memindahkan kursor satu kata ke kiri/kanan, dan Ctrl-R/C untuk menggulung satu halaman ke atas/bawah, dll. Perintah untuk menebalkan atau memiringkan, mencetak, memblok teks untuk keperluan penyalinan atau penghapusan, menyimpan atau membuka file dari media disk, dll secara umum merupakan serangkaian penekanan tombol, misalnya Ctrl-P-B untuk menebalkan teks, atau Ctrl-K-S untuk menyimpan file. Kode format/layout dokumen akan ditampilkan pada layar, misalnya ^B untuk teks yang ditebalkan, ^Y untuk teks miring, dan ^S untuk teks bergaris bawah.

WordStar memiliki beberapa kelemahan, seperti tidak mampu untuk memformat ulang justifikasi baris saat teks diketikkan atau dihapus. Karenanya paragraf harus diformat ulang oleh sebuah perintah setelah proses perubahan selesai. Namun sebuah perintah juga tersedia untuk memformat ulang seluruh dokumen setelah proses editing dan perubahan yang dilakukan selesai dibuat.

Banyak kelemahan yang diperbaiki lewat antarmuka baru pada WordStar 2000. Memformat paragraf menjadi otomatis. Banyak rangkaian perintah dibuat lebih sederhana sehingga ^RW menjadi menghapus kata (Remove a Word), ^RR untuk menghapus sebelah kanan kursor (Remove Right), ^RS untuk menghapus kalimat (Remove Sentence), dan lain-lain. WordStar 2000 juga tergolong program pengolah kata yang unik karena memperbolehkan pengguna untuk menandai sebuah blok teks (dengan menekan ^BB untuk awal blok dan ^BE untuk akhir blok) dan berpindah ke bagian lain lalu menyalinnya (dengan ^BC untuk menyalin blok). Banyak pengguna menganggap hal ini lebih sederhana dalam hal memanipulasi blok dengan menggunakan perintah blok dibanding penandaan blok dengan menggunakan mouse seperti pada Microsoft Word. Masalah utama perbaikan ini adalah keengganan pengguna WordStar versi asli (non-WordStar 2000) untuk mengadaptasi perubahan ini dan memilih menggunakan rangkaian perintah yang lama.

Antarmuka WordStar meninggalkan warisan besar. Banyak software pengolah kata multiplatform modern seperti TextMaker dan editor teks yang berjalan pada DOS, Linux, dan varian UNIX lainnya, yang dapat mengemulasikan perintah keyboard WordStar dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl. Kompiler populer seperti Turbo Pascal menggunakan perintah keyboard WordStar pada editor IDE-nya. Software pengolah kata modern seperti Write&Set tidak hanya menggunakan antarmuka WordStar, juga format file berasal dari format WordStar versi DOS, yang mengijinkan pengguna yang tidak memiliki WordStar untuk dengan mudah membuka dan mengedit file mereka. Tersedia pula program emulator dan mapping keyboard WordStar, baik freeware maupun shareware, untuk versi terbaru Microsoft Word. Software pengolah kata modern seperti WordPerfect, StarOffice dan Microsoft Word (dengan filter yang cocok) dapat membuka dan menyimpan file dalam format WordStar.
nah, bagi yang masih mau mencoba bernostalgia dengan software ini silahkan mencobanya dengan mendownload disini Wordstar 7.0

Download Wordstar 7.0

Ditulis Oleh Haryanto AgS : Paya itik ~ Aneka Info, Software, Blogging, Kesehatan, Games, Driver Laptop, Mp3, Movie

RegiBrader Anda sedang membaca artikel tentang Programs Wordstar . Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Saling menghargai kreatifitas Sesama Blogger. Ok

:: Get this widget ! ::



No comments:

Post a Comment